Home » » Kemdiknas Serius Dalam Merintis Program Wajib Belajar 12 Tahun

Kemdiknas Serius Dalam Merintis Program Wajib Belajar 12 Tahun

Bagikan :
Kementrian Pendidikan melalui Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal mengatakan, Kemdiknas sangat serius untuk mewujudkan program Wajib Belajar (Wajar) 12 Tahun. Program ini, katanya, untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) SMA/SMK. Oleh karena itu, untuk mewujudkan Wajar 12 tahun dilakukan rehabilitasi dan membangun infrastruktur sekolah agar bisa menampung dan mempermudah akses pendidikan bagi seluruh masyarakat. Pemerintah juga menjanjikan pengucuran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk seluruh SMA/SMK.

"Di samping menambah ruang kelas dan sekolah baru, unit-unit lain juga akan diperhitungkan, seperti laboraturium dan perpustakaan sekolah," kata Fasli saat dihubungi oleh Kompas.com, Selasa (27/9/2011) siang.

Beliau juga menjelaskan, dana BOS untuk SMA/SMK nantinya akan menyentuh seluruh siswa sekolah di tingkatan itu dan rencananya akan diberikan mulai tahun 2012 nanti. Fasli mengakui, dana BOS tersebut memang belum tentu dapat menutupi seluruh kebutuhan operasional.

"Pada 2012, siswa SMA/SMK akan diberikan sekitar 200 ribu per anak. Melalui BOS yang akan diberikan melalui sekolah," ungkapnya.

Akan tetapi, ditegaskannya, program Wajar 12 tahun ini baru akan terlaksana ketika Wajar 9 tahun sudah selesai dilaksanakan. Untuk menyukseskannya, dibutuhkan kerjasama antara pemerintah pusat, kabupaten/kota, dan provinsi.

"Tapi tentu dengan catatan, jika Wajar 9 Tahun sudah sesuai dengan kompetensi mutu dan relevan dengan amanat Undang-undang," ujar Fasli.

Seperti diungkapkan Mendiknas M Nuh, mulai tahun 2012 Kemdiknas akan merintis jalan untuk mewujudkan program wajib belajar 12 tahun. Untuk itu, mulai tahun 2012 mendatang, akan dirancang untuk pemberian dana BOS untuk SMA/SMK. Diharapkan, pada tahun 2013, seluruh siswa SMA/SMK akan bebas biaya SPP.

Sumber : Kompas.com

Klik Like/Suka jika kamu menyukai artikel Kemdiknas Serius Dalam Merintis Program Wajib Belajar 12 Tahun. dan Baca juga Artikel yang berhubungan dengan Kemdiknas Serius Dalam Merintis Program Wajib Belajar 12 Tahun atau melanjutkan ke- Halaman Sebelumnya

Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Raport Online

Simulasi

Sebuah Terobosan Terbaru dari kami aplikasi Pemograman dengan menggunakan php,

semoga membantu siswa dalam simulasi untuk pemilihan SMP Favorit di Kota Bogor.

maaf aplikasi sedang dlm perbaikan http://sim.site50.net/simulasi

Program Bimbingan

Video




Kontak


View PRIMAGAMA POMAD in a larger map